Skip to main content

Struktur Directory Linux



Struktur direktori Linux atau sistem yang hampir serupa dengannya seperti Unix sangat sangatlah sukar untuk digunakan terutamanya pengguna baru. Pada Windows, semua program installation data dan software akan berada di direktori “Program Files.” Hal seperti ini tidak terjadi di Linux OS. Sistem direktori mengkategorikan semua data file yang di-install.
Berikut adalah keseluruhan struktur beserta apa yang berada di dalam sistem operasi Linux :


/ – Root direktori yang membentuk basic sistem file. Semua file dan direktori secara logic berada di dalam root direktori ini walaupun dari lokasi yang berbeda.
/bin – Memuatkan program arahan yang merupakan sebahagian dari sistem operasi Linux. Banyak perintah Linux seperti cat, cp, ls, more, dan tar terletak pada /bin.
/boot – Memuatkan Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.
/dev – Memuatkan semua file penting. Linux melakukan semua operasi utama komputer seperti sebuah file yang special. Semua file seperti ini terletak di /dev.
/etc – Memuatkan semua sistem konfigurasi file dan skrip installation pada /etc/rc.d sub direktori.
/home – Direktori Home menyimpan semua direktori home user.
/lib – Memuatkan file library, termasuk modul driver yang dapat diisi pada sistem boot.
/lost+found – Direktori untuk file yang hilang. Semua partition disk memiliki direktori lost+found.
/media – Direktori untuk mounting removable media seperi drive CD-ROM, floopy disk dan zip drive.
/mnt – Direktori untuk mounting file sistem sementara.
/opt – Data – data instal / copy untuk aplikasi opsional .
/proc – Direktori istimewa untuk sistem file virtual. Ia mencakupi informasi mengenai berbagai aspek sistem Linux.
/root – Direktori Home untuk root user.
/sbin – Memuatkan file administration yang dapat diakses seperti mount, shutdown, umount.
/srv – Memuatkan data untuk layanan (HTTP, FTP, etc.) yang ditawarkan oleh sistem.
/sys – Direktori special yang memuatkan informasi mengenai hard disk seperti yang dilihat melalui Linux.
/tmp – Direktori yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Isi dari direktori ini dibersihkan     setiap kali sistem boot.
/usr – Memuatkan sub direktori untuk pelbagai program seperti sistem X Windows.
/usr/bin – Memuatkan file yang dapat diakses untuk pelbagai perintah Linux yang bukan merupakan sebahagian dari OS Linux.
/usr/include – Memuatkan file – file header dari bahasa program C dan C++.
/usr/lib – Memuatkan file – file library untuk bahasa C dan C++.
/usr/local – Memuatkan data lokal. Ia mengadungi direktori yang sama seperti /usr.
/usr/sbin – Memuatkan perintah – perintah administration.
/usr/share – Memuatkan data yang digunakan oleh banyak user sekaligus, seperti file konfigurasi default, gambar dan dokumen.
/usr/src – Memuatkan source code untuk Linux kernel.
/var – Memuatkan pelbagai sistem file seperti log, direktori mail, print dan lain – lain. Yang sering kali berubah kandungannya.
/var/cache – Area penyimpanan untuk cache data berbagai aplikasi.
/var/lib – Memuatkan informasi tentang status aplikasi – aplikasi yang ada. Aplikasi memodifikasi direktori ini semasa melakukan sesuatu kerja.
/var/lock – Memuatkan file yang dikunci supaya ia hanya boleh diguna oleh satu aplikasi saja.
/var/log – Memuatkan log dari aplikasi yang berbeza.
/var/mail – Memuatkan email pemilik.
/var/opt – Memuatkan data variable untuk pakej yang disimpan di direktori /opt.
/var/run – Memuatkan data yang menjelaskan sistem sejak pertama kali dijalankan.
/var/spool – Memuatkan data yang menunggu untuk diproses.
/var/tmp – Memuatkan file sementara, isi direktori ini tidak dihapus semasa sistem dimatikan.

Comments

Popular posts from this blog

Block ads domain di router openwrt

Kesal sekali tentunya ketika kita lagi berselancar di Dunia maya banyak banget iklan yang berbayang!!! apalagi iklannya bejibun sampai-sampai halaman browser sampai penuh dan kita handak mengkliknya satu persatu lama sekali kan!!!??? sedikit juga penjelasan mengenai ads ini, ads ini sangatlaah mengurusa bandwith kita dan yang paling parahnya penyebaran malware melalui ads ini sangatlah membahayakan komputer kita. okeh sekian penjelasan singkatnya CWIMM tutorial ini saya gunakan di router yang sudah saya ganti firmware ke OPENWRT 1. tambahkan file yang berada di     root@unsheel:~#/vi etc/dnsmasq.conf tambahkan ini address=/207.net/127.0.0.1 address=/247realmedia.com/127.0.0.1 address=/247realmedia.com/127.0.0.1 address=/2mdn.net/127.0.0.1 address=/2o7.net/127.0.0.1 address=/33across.com/127.0.0.1 address=/51yes.com/127.0.0.1 address=/abmr.net/127.0.0.1 address=/adbrite.com/127.0.0.1 address=/adbureau.net/127.0.0.1 address=/adchemy.com/127.0.0.1 address=/addthis.com

cara install printer epson stylus tx121x di backtrack

hello sahabat .. kali ini saya akan share bagaimana cara install printer epson stylus tx121x di backtrack langsung saja agan download drivernya di sini -----  > http://adf.ly/TCK26 -----  >  http://adf.ly/TCKbK -----  >  http://adf.ly/TCKjA setelah itu semua di download, lalu sahabat tinggal install saja satu persatu file .deb tersebut .... mudah koq hehehee .. oea jangan lupa juga install pendukung yang lainnya untuk mengconfiguration di system --> administation --> synaptic packet manager masukkan   " system-config-printer "   di quick search lalu centang system-config-printer-gnome system-config-printer-common system-config- printer-udev http://unsheal.blogspot.com/2013/07/cara-install-printer-epson-stylus.html okeeey deh selesai install printer driver epson tx121x di backtrack sudah bisa deeeh di gunakan printernya, beserta scanningnya sekian dari saya ...

Cara Upgrade Tp-link Mr3040 v.2 ke OpenWrt

Upgrade Tp-Link MR 3040 V.2 Sahabat kali ini saya akan share bagaimana cara untuk Upgrade firmware ke OpenWrt Bahan yang disiapkan, download firmware OpenWrt untuk tp-link mr 3040 v.2 kalo yang v.1 tidak bisa neeh disini linknya download Pertama kita login sebagai admin di router kita biasanya seeh http://192.168.0.1 bila Ip nya belum di ganti, dan bila Ip nya sudah di ganti di sesuaikan saja. setelah login klik System tools =>> Firmware Upgrade =>> pilih browse lalu kita cari di mana file yang tadi kita download setelah itu tekan tombol upgrade tunggu sampai beberapa menit oea PERINGATAN PENTING dalam proses ini jangan sampai mati routernya diamkan saja dan lihat prosesnya nanti akan seperti ini setelah proses semua itu selesai. untuk menuju ke admin ketikkan di browser 192.168.1.1 dan nanti akan tampak halaman seperti ini untuk passwordnya 5up neeh screenshoot kalo sudah login Sekian cara upgrade tp-link mr3040 v.2 ke firmware OpenWrt